Cara Mendidik Anak Lewat Nilai Kebangsaan

Cara Mendidik Anak Lewat Nilai Kebangsaan

Cara Mendidik Anak Lewat Nilai Kebangsaan

freeuber.org – Bunda, tahukah Anda bagaimana sih cara mendidik anak lewat nilai-nilai kebangsaan? Mungkin saja sebagian dari para orangtua, atau pun mungkin saja dengan Anda sendiri, masih belum tahu betul bagaimana cara mendidik atau pun mengajarkan kepada buah hati tercinta tentang nilai-nilai kebangsaan. Sebab sebagian besar para orangtua lebih paham jika mereka harus memberikan pendidikan seperti membaca, menulis, dan berhitung pada buah hati yang usianya masih dini. Walaupun demikian, Anda juga tak perlu khawatir kok bund, sebab masih belum terlambat untuk mengajarkan pada buah hati Anda lewat nilai-nilai kebangsaan, apalagi pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan kepada Anda seputar cara atau pun tips jitu mendidik anak lewat nilai kebangsaan. Mau tahu seperti apa? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mendidik Anak Lewat Nilai Kebangsaan

Cara mendidik anak lewat nilai kebangsaan

Pendidikan karakter di dalam keluarga bisa memberi arahan pada seorang anak usia dini unutk bisa berperilaku dalam kehidupan sehari-harinya. Cara yang paling tepat untuk bisa menanamkan pendidikan tersebut adalah lewat penanam nilai kebangsaan. Sadari dini anak harus kenal apa saja falsafah dari negaranya. Apa saja yang harus dijaga supaya kedepannya mempunyai bangsa yang utuh dan juga tidak terpcah belah. Dengan Anda menanamkan nilai kebangsaan, itu artinya Anda telah membantu anak untuk lebih paham bangsanya.

Setidaknya ada beberapa nila kebangsaan yang wajib Anda tanamkan pada anak supaya nantinya mereka juga mempunyai bekal yang lebih baik lagi untuk masa depannya. Yang pertama adalah dengan menanamkan nilai luhur kebangsaan tentang cara hidup saling toleran satu dengan lain. Anda harus bisa tanamkan bahwasnanya bangsa dimana dia berada sekarang ini merupakan bangsa yang beradab dan menjunjung tinggi nilai hidup untuk bisa saling menghargai. Hal yang demikian ini nantinya akan mendorong mereka untuk bisa menghargai perbedan yang mungkin saja ada di sekitarnya.

report text Nila lainnya yang juga harus Anda tanamkan dalam diri anak adalah untuk selalu saling menyayangi satu sama lain. Anda harus bisa mengingatkan anak Anda untuk bisa menyayangi orang yang ada di sekitarnya. Hal yang demikian ini nantinya akan sangat berguna sekali untuk bisa membentuk karakter anak yang selalu cinta dengan perdamaian dan enggan untuk lakukan kekerasan. Selain itu, masih ada banyak lagi nilai lainnya dari karakter kebangsaan yang bisa Anda kembangkan dan juga sampaikan kepada anak tercinta. Diharapkan dengan adanya pendidikan karakter di dalam keluarga, maka anak Anda akan bisa menerapkannya di kehidupannya kelak.

Nah, itulah tadi sekilas informasi tentang cara mendidik anak lewat nilai kebangsaan yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Cara Mendidik Anak Kenali Bagian Tubuhnya

Cara Mendidik Anak Kenali Bagian Tubuhnya

Cara Mendidik Anak Kenali Bagian Tubuhnya

freeuber.org – Anak yang masih dini memang senang pada saat mereka tidak mengenakan pakaian atau telanjang, sebab itu cara mereka mengenal dan juga mempelajari mengenai tubuhnya. Akan tetapi, akan tiba saatnya nanti pada saat orangtua berpikiran “apa tidak masalah anaknya masih tetap telanjang di depan orang lain”. Tentu saja yang juga ada dipikiran para orangtua adalah “bukannya yang demikian tersebut tak baik jika dibiarkan begitu saja”.

Nah, mungkin saja beberapa hal berikut ini bisa Anda jelaskan pada buah hati Anda. Simak yuk ulasannya selengkapnya di bawah ini yang kami rangkumkan spesial untuk Anda tentang cara mendidik sih kecil untuk bisa mengenai bagian-bagian tubuhnya dengan baik

Cara Mendidik Anak Kenali Bagian Tubuhnya

Cara mendidik anak kenali bagian tubuhnya

Ada saat dan tempat yang tepat dan baik untuk telanjang

Ya, benar sekali ya bund, jika ada saat yang tepat dan juga tempat yang sebaiknya dilakukan oleh anak untuk tidak mengenakan pakaiannya atau telanjang seperti itu. Sehingga nantinya sih anak pun juga memahami kapan dirinya bisa tidak mengenakan pakaiannya dan kapan seharusnya dia mengenakan pakaiannya tersebut. Sebelum mandi atau pun beberapa saat sebelum mengenakan pakaiannya, katakana saja seperti ini “adik boleh tidak menggunakan baju atau pakaian, akan tetapi sesudah itu adik harus mengenakan pakaiannya kembali ya”.

Ada batasan kenapa orang tak boleh telanjang di depan umum

Bunda, tahukah Anda bahwasannya ada batasan juga kenapa seseorang tidak boleh telanjang di depan umum, begitu pun dengan anak kecil dan Anda juga harus bisa menjelaskan yang demikian ini kepada sih kecil, yakni untuk menghargai orang lain dan juga menghormati tubuhnya sendiri. “Jika melihat adik telanjang, maka orang lain bisa jadi malu. Jadi, ada baiknya jika ada orang lain, adik nanti harus menggunakan baju atau pakaian”. Atau mengatakan yang seperti ini “di dalam kamar bermain adik, adik boleh saja bermain tanpa mengenakan baju, akan tetapi di keluarga teman adik, bisa saja aturannya berbeda-beda. Jadi, adik juga harus bisa membiasakan diri bermain dengan menggunakan baju yang pantas”.

Pakaian atau baju untuk kesehatan

kata kata bijak cinta bahasa inggris Pakaian untuk kesehatan? Maksudnya di sini adalah dengan menjelaskan kepada anak Anda bahwasanya pakaian nantinya akan dapat melindungi tubuh dia dari gigitan semut atau pun serangga yang lainnya. “Adik tentunya tidak ingin kan jika tubuhnya nanti jadi merah-merah atau pun gatal-gatal seperti itu? Jadi gunakan pakaian adik dengan baik dan benar ya”.

Nah, itulah tadi beberapa informasi penting yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya tentang cara mendidik anak kenali bagian tubuhnya dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Keunggulan Sistem Pendidikan Finlandia Dibandingkan Negara Lain

Pendidikan Finlandia

Keunggulan Sistem Pendidikan Finlandia Dibandingkan Negara Lain

freeuber.org – Banyak yang mencatat dan memang masih membekas di ingatan setiap orang yang peduli dunia pendidikan bahwa Finlandia merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Ini yang kemudian membuat kita bertanya “seperti apa sebenarnya sistem pendidikan yang diterapkan di Finlandia?”

Anda juga harus tahu bahwa anak – anak yang terdidik dengan sistem pendidikan Finlandia memang telah terbukti punya banyak keunggulan dari anak – anak lainnya. Mereka sudah terlatih bersikap kritis dan berpikir kritis dalam menghadapi setiap persoalan yang dihadapi, mereka punya sikap sosial yang baik bahkan berjiwa mandiri dalam kehidupannya. Tentu ini yang kemudian membuat banyak orang iri dan ingin punya anak – anak yang berkembang seperti anak – anak yang diberikan sistem pendidikan ala Finlandia. Sebagai informasi untuk Anda tentang dunia pendidikan, berikut kami berikan beberapa informasi tentang keunggulan sistem pendidikan Finlandia. Yuk simak informasinya!

Keunggulan Sistem Pendidikan Finlandia

1. Sekolah langsung dikelola pemerintah dan pilihannya sedikit

Di Finlandia, mulai dari sekolah TK sampai dengan sekolah perguruan tinggi memang hampir setiap pelajar sekolah di sekolah negeri. Sementara sekolah swasta memang hanya sedikit basisnya. Sekolah – sekolah negeri disana bahkan dibiayai secara penuh oleh pemerintah sehingga sekolah tersebut tidak boleh membebani pelajarnya dengan biaya sekolah. Dengan demikian pelajar akan bisa fokus atas pelajaran tanpa merasa terbebani dengan biaya sekolah. Dan yang seperti ini memang sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan pendidikan anak – anak.

2. Tidak mengejar keunggulan saja

Kunci sukses dalam sistem pendidikan yang ada di Finlandia adalah mereka tidak akan mengejar keunggulan pada segi akademis dan juga kesetaraan saja. Akan tetapi pada setiap anak memang harus mendapatkan kesempatan untuk dapat mengenyam pendidikan di bangku sekolah tanpa melihat latar belakang kehidupannya. Anak juga lebih fokus atas pengasahan bakat sehingga akan jauh lebih sesuai bidang keahlian anak yang bersangkutan dan pembelajaran yang dilakukan tidak sia – sia.

3. Tidak ada ujian nasional

Sistem pendidikan yang diterapkan di Finlandia memang berbeda dengan simple present tense yang diterapkan di Indonesia karena di Finlandia tidak ada ujian nasional pada setiap tingkat sekolah. Yang ada hanya ujian matrikulasi nasional yang diberikan kepada sekolah menengah ke atas, dan ujian ini juga bersifat sukarela. Ujian ini diperuntukkan anak usia 7 – 16 tahun. Setelah anak – anak lulus SMP mereka bisa melanjutkan SMA atau kerja. Dan mereka yang melanjutkan SMA juga bisa melanjutkan perguruan tinggi dimana ilmunya semakin banyak untuk persiapan kerja.

Itulah sebenarnya beberapa aspek penting yang perlu kita tahu tentang sistem pendidikan yang ada di Finlandia. Kualitas pendidikan disana memang patut diapresiasi. Atau mungkin Indonesia ingin menerapkannya? Semoga informasi tentang Keunggulan Sistem Pendidikan Finlandia bermanfaat.

Baca artikel tentang pendidikan lainnya :

Sistem Pencernaaan Pada Manusia

Sistem Pencernaaan Pada Manusia

freeuber.org – Setiap makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman agar dapat memperoleh energi untuk tubuh. Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi perlu kita cerna. Makhluk hidup terutama manusia memiiki sistem pencernaan.Sistem pencernaan merupakan ialah sistem yang memproses atau mengubah makanan dan menyerap sari makanan berupa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem ini juga akan memecah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan batuan enzim sehungga memudahkan makanan untuk dicerna. Berikut sistem pencernaan pada manusia.

Sistem Pencernaaan Pada Manusia

Proses pencernaan pada manusia terbagi dari lima proses:

– Injesti
Proses ini merupakan proses memasukan atau menaruh makanan ke mulut. Proses ini biasanya dibantu oleh tangan dengan menggunkana sendok, garpu, sumpit dan lain – lain.

– Pencernaan Mekanik
Proses ini akan mengubah makanan menjadi kecil – kecil atau lembut. Dalam proses ini dibantu oleh gigi dan pada unggas biasanya dbantu dengan krikil. Proses ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses cerna dan dilakuan dengan sadar atau sesuai dengan keinginan kita.

-Pencernaan Kimiawi
Poses ini aka mengubah molekul dari zat makanan yng kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana sehingga dapat dengan mudah dicerna. Proses ini dilakukan oleh ezin, asam, beile’ dan air. Proses ini terjadi dengan tidak kita sadari karena yang mengatr proses ini adalah enzim.

– Penyerapan
Ini merupakan gerakan nutrisi dari sistem pencernaan kesistem sirkulatordan lymphatic capallaries dengan osmosis, transport aktif dan difusi.

– Penyingkiran
Proses pembuangan bahan atau material yang tidak dicerna dari tract pencernaan melalui proses defekasi.

Proses Pencernaan Pada Organ Dalam Manusia

– Saluran Pencernaan
Saluran ini merupakan saluran yang terus menerus dan berbentuk tabung. Pada saluran ini makanan akan dipecah menjadi bagian yang lebih kecil dan akan menyerap bagian itu menuju pembuluh darah. Oragan yang termauk dalam saluran ini adalah mulut, faring, esofagus, labung, usus halus dan usus besar. Dari usus besar makanan akan dibuang keluar melalui anus.

– Organ Pencernaan Tambahan
Oragan ini akan menantu saluran pencernaan dalam melakukan kerjanya. Dalam multada gigi dan lidah, kentung empedu dankelenja pencernaan dihubungkan pada saluran pencernaan melalui sebuahs aluran. Pada saluran kelenjar tambahan akan memproduksi sekret yang akan berkontribusi dalam memecah bahan makanan Fungsi Panca Indera Manusia

Bagian – Bagian Pada Sistem Pencernaan Manusia:

– Kelenjar Ludah
– Parotis
– Submandibularis atau rahang bawah
– Sublingualis atau bawah lidah
– Rongga Mulur
– Amandel
– Lidah
– Esofagus
– Pankreas
– Lambung
– Saluran Pankreas
– Hati
– Kantung Empedu
– Duodenum
– Saluran Empedu
– Kolon
– Kolon Transversum
– Kolon Ascenden
– Kolon Descenden
– Ileum
– Sekum
– Appendiks atau Umbai Cacing
– Rektum atau poros
– Anus

Baca Juga >>>

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia

freeuber.org – Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Islam masuk ke Indonesia dengan berbagai teori. Masuknya Islam ke Indonesia memalui jalur perdagangan karena Indonesia kaya akan rempah yang banyak dicari oleh saudagar dari seluruh dunia. Sambil berdagang mereka berdakwah tentang Islam untuk memperkenalkan ajaran Islam pada para warga.

Menurut beberapa sejarawan berawal dari abad ke-13 Masehi, Islam masuk ke Indonesia yang dibawa oleh pedagang muslim. Ilmuan memiliki tiga teori yang dipercaya bagaimana masuknya Islam ke Nusantara.

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia

Teori masuknya Islam ke Indonesia:

– Teori Gujarat
Teori ini dikemukakan oleh ahli sejarah yang bernama Snouck Hurgronje, Ia mengatakan bahwa masuknya Islam ke Indonesia dibawa ole pedagang dari Gujarat pada abad 13 Masehi.

– Teori Persia
Teori ini dikemukakan oleh P.A Husein Hidayat, Ia mengatakan bahwa masuknya Islam ke Indonesia dibawa oleh pedagang Persia atau Iran karena kesamaan antara kebudayaan Islam Indonesia dengan Persia www.seputarpendidikan.com

– Teori Mekah
Dalam teori ini dinyatakan bahwa Islam masuk k Indonesia dibawa oleh pedagang dari Mekah. Ini berdasarkan sebuah cerita dari China yang menceitakan pada abad ke-7 di pantai barat Sumatera sudah terdapat perkampungan muslim.

Islam masuk ke Indonesia dengan cara yang sama dan menyesuaikan dengan adat dan istiadat penduduk asli. Islam tidak mengenal perbedaan kasta yang membuat ajaran Islam sangat diterima oleh penduduk. Ini adalah cara Islam masuk ke Indonesia:

– Perdagangan
Karena Indonesia terletak pada tempat yang strategis maka Indonesia sering disinggahi oleh pedagang dari seluruh dunia termasuk pedagang musim. Para pedagang banyak yang menetap di Indonesia dan membuat perkampungan muslim, mereka sering mendatangkan ulama dari negeri asal mereka untuk berdakwah di Nusantara. Karenanya hal ini diduga memiliki peran yang penting dalam masuknya Islam ke Indonesia.

– Perkawinan
Masyarakat beranggapan bahwa pedagang muslim meruakan kalangan terpandang sehingga banyak penguasa asli pribumi yang menikahkan anak mereka dengan pedang muslim. Dengan begitu mereka harus memeluk agama Islam dan hal tersebut memperlancar penyebaran Islam di Indonesia.

– Pendidikan
Setelah Perkampungan muslim terbentuk, mereka mulai membangun fasilitas pendidikan berupa pondok pesantren yang dipimpin oleh guru dan ulama. Lulusan dari pondok tersebut akan pulang ke kampung halaman dan menyebarkan agama Islam di daerah masing – masing.

– Kesenian
Islam memang sangat ramah. Kesenian yang sangat dikenal hingga sekarang yakni wayang menjadi salah satu media dalam penyebarannya. Wayang menjadi media yang sangat kongkrit dalam penyebaran Islam. Seperti Sunan Kali Jaga yang menggunakan wayang sebagai media dakwahnya.

Baca Lainnya >>>

Cara Budidaya Pisang Hingga Buah Panen

budidaya-pisang

Cara Lengkap Budidaya Buah Pisang Hingga Panen

Freeuber.Org – Pisang bukanlah pohon sesungguhnya, meskipun mereka sering disebut pohon pisang. Pisang merupakan tanaman tahunan. Batang pisang terdiri dari tangkai daun yang melilit satu sama lain. Daun baru mulai tumbuh di bagian dalam, di bawah tanah dan akan terdorong melalui tengah dan akan muncul dari pusat mahkota. Begitu juga dengan bunga, yang akhirnya berubah menjadi sekelompok pisang.

Cara Penanaman

Sebuah tanaman pisang membutuhkan waktu sekitar 9 bulan untuk tumbuh dan menghasilkan sekelompok pisang. Kemudian pohon induk akan mati. Tapi sekitar pangkal batang banyak tumbuh pengisap atau tunas. Di dasar tanaman pisang, di bawah tanah ada sebuah rimpang besar yang disebut umbi.

Umbi yang telah berkembang akan berubah menjadi pengisap baru atau tanaman baru. Pengisap atau tunas ini dapat diambil dan ditransplantasikan, tapi sisakan sekitar satu atau dua dalam posisinya untuk menggantikan pohon induk.

Cara Perawatan

Untuk melakukan penanaman anda harus tahu dimana anda akan melakukan penanaman dan apa saja syarat tumbuh untuk melakukan budidaya pisang tersebut.

Anda membutuhkan tempat yang beriklim tropis dan subtropis hangat dengan kisaran suhu ideal sekitar 26°C-30°C (78-86F). Jika suhu lebih rendah maka akan menyebabkan kulit pisang berubah menjadi kuning keabu-abuan dan daun akan menguning dan bisa jadi tanaman akan berhenti tumbuh.

Anda membutuhkan tempat yang memiliki kandungan banyak air untuk tumbuh pisang, daun pisang akan banyak melakukan penguapan sehingga anda harus menjaga kelembaban tanah dengan lakukan penyiraman sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

Anda membutuhkan tanah yang kaya untuk nutrisi tanaman pisang, jika tanah pada lahan yang akan anda tanami pisang tidak mengandung nutrisi yang kaya anda bisa melakukan pemupukan dengan pupuk kandang atau pupuk kompos atau juga berikan abu kayu untuk kalium tambahan pada tanah lahan kemudian lakukan pemulsaan.

Dan Anda perlu ruang atau lahan yang cukup untuk menanam pisang bersama-sama. Pisang juga perlu perlindungan dari angin. Anda harus melakukan penanaman pisang di blok atau rumpun dengan bagian luar lahan budidaya ditanami pohon pelindung.

Untuk penanaman Anda tidak bisa melakukan penanaman dengan menggunakan biji tapi anda hanya dapat melakukan penanaman dengan menggunakan pengisap atau tunas. http://www.faunadanflora.com/ Tunas atau pengisap yang akan ditanam haruslah berasal dari tanaman pisang yang baik, tunas yang akan ditanam sebaiknya memiliki tinggi sekitar 4 kaki atau setara 120 cm serta telah memiliki daun kecil berbentuk tombak, tunas tersebut diambil dari tanaman pisang induk dengan menggunakan sekop atau yang lainnya hingga bagian umbi beserta akarnya, kemudian potong bagian atas tunas untuk mengurangi penguapan.

Tanamlah pisang dengan jarak yang disesuaikan dengan luas lahan yang anda miliki, tapi sebaiknya buatlah penanaman dengan di blok dalam beberapa baris ganda dengan jarak antar baris adalah sekitar 2 hingga 3 meter atau lebih. Setelah penanaman jaga kelembaban lahan jangan terlalu basah karena akan membuat tanaman busuk.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Cara Budidaya Pisang Hingga Buah Panen   .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :

Proses Pernapasan pada Manusia

proses-pernapasan

Mengetahui Proses pernapasan pada manusia

Freeuber.Org – Urutan pernapasan pada manusia yaitu melalui Rongga hidung > Faring  > trakea > bronkus > paru-paru (bronkiolus dan alveolus). Berikut ini merupakan penjelasannya.

Hidung

Proses pernapasan pada manusia dimulai dari hidung, yaitu manusia menghirup udara dari lingkungan menggunakan hidung. Udara yang dihisap dilakukan dengan menarik nafas yang biasanya melalui hidung kiri dan kanan (Selain menggunkan mulut). Pada saat udara yang dihisap masuk, udara lalu disaring oleh bulu yang ada dibadian dalam lubang hidung.

Pada saat menarik napas, otot diafragma berkontraksi. Semula kedudukan diarfragma melengkung keatas, dan ketika menarik napas menjadi lurus sehingga rongga dada menjadi mengembang. Hal tersebut dikenal dengan pernapasan perut. Selain itu, bersama kontraksi diafragma, otot-otot pada tulang rusuk juga berkontraski sehingga rongga dada mengembang yang disebut dengan pernapasan dada.

Faring

Dengan mengembangnya rongga dada, menyebabkan tekanan dalam rongga dada menjadi berkurang, sehingga udara dari luar masuk melalui hidung lalu saluran pernapasan dan pada akhirnya udara masuk kedalam paru-paru, sehingga paru-paru mengembang.

Setelah melewati rongga hidung, udara lalu masuk ke kerongkongan bagian atas (naro-pharinx) lalu kebawah untuk selanjutnya masuk tenggorokan (larynx) http://tiny.cc/bahasainggrisoke

Trakea

Setelah melewati proses diatas, udara lalu masuk ke batang tenggorok (Trachea) untuk selanjutnya diteruskan ke saluran Bronkus (bronchus). Saluran pada bronkus terdiri dari beberapa tingkat percabangan dan akhirnya berhubungan di alveolus di paru-paru.

Bronkus

Selanjutnya udara yang diserap melalui alveoli masuk ke dalam kapiler dan selanjutnya mengalir ke vena pulmonalis atau pembuluh balik paru-paru. Lalu gas oksigen diambil oleh darah, dan daari darah akan dialirkan ke serambi kiri jantung dan seterusnya.

Paru-Paru

Setelah proses tersebut berlangsung, udara yang mengandung gas karbon dioksida akan dikeluarkan melalui hidung kembali. Pengeluaran napas ini disebabkan melemasnya otot diafragma dan otot-otot rusuk dan juga dibantu dengan berkontraksinya otot perut. Diafragma menjadi melengkung ke atas, dan tulang-tulang rusuk akan turun ke bawah dan bergerak kearah dalam. Hal tersebut mengakibatkan rongga dada mengecil sehingga tekanan dalam rongga naik. Dengan naiknya tekanan dalm rongga dada, maka udara dari dalam paru-paru keluar melewati saluran pernapasan.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Proses Pernapasan pada Manusia  .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :

Pendidikan Anak Tentang Kompetisi

Pendidikan Anak Tentang Kompetisi

Pendidikan Anak Tentang Kompetisi

freeuber.org – Kira-kira menurut orangtua di luar sana, seberapa pentingnya sih pendidikan bagi anak-anaknya? Tentu sebagai orangtua yang baik, pastinya pendidikan bagi anaknya itu adalah salah satu hal yang paling penting sekali. Menyiapkan sih anak untuk siap dalam menjalani masa depannya memang sangat penting banget. Termasuk halnya bersikap dalam hal kompetisi ini.

Pendidikan Anak Tentang Kompetisi

Ya, kompetisi memang bisa terjadi di mana saja, baik itu di sekolah, hingga nantinya pada saat dia jadi dewasa kelak. Pada saat mulai menapaki dunia kerja. Belajar mengenai kompetisi ini nanti akan menjadikan sih anak memahami mengenai kekalahan dan juga kemenangan, sehingga kelak dia akan tumbuh jadi orang yang lebih bijak lagi.

Lantas, bagaimana sih cara untuk mengajarkan sih anak tentang kompetisi tersebut? Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dipersiapkan supaya anak pahami mengenai kompetisi dengan bijak.

Cara mengajarkan anak tentang kompetisi

Memang kalah bukanlah tujuan utama

Kemenangan di dalam kompetisi bukan fokus yang utama. Apabila Anda sebagai orangtua mengatakan kemenagan ini adalah fokus dari sebuah kompetisi, maka nantinya akan sebabkan sih anak merasa terbebani. Ada baiknya Anda tanamkan saja dalam diri sih anak bahwasannya kompetisi merupakan mengenai melatih rasa percaya diri. Kalah atau pun menang adalah hal yang biasa di dalam kompetisi.

Bantu dalam menyiapkan diri

Pada saat akan ikuti sebuah perlombaan atau pun kompetisi, Anda bisa mengajarkan sih anak untuk berlatih dalam menyiapkan diri. Latihan setiap saat merupakan salah satu cara untuk siapkan diri ketika berkompetisi. Katakan saja hal ini, maka akan menjadikan sih anak lebih siap dalam menghadapi kompetisi.

Memberikan motivasi dengan positif

Pada saat anak akan berkompetisi, maka jangan lupa untuk memberi motivasi yang positif. Berikan semangat, bahwasannya dia tentunya bisa dan juga mampu menyelesaikan kompetisi. Motivasi alih-alih lemahkan yang lain akan menjadikan sih anak merasa lebih semangat.

Jangan pernah membandingkan

kuliahbahasainggris.com Ketika sih anak akan mengikuti lomba maka jangan pernah membandingkan dia dengan peserta lain. hindarilah kalimat yang membanding-bandingkan, walaupun Anda berniat untuk memberikan semangat.

Belajar dalam menerima hasil

Silakan beri pengertian pada sih anak dalam kompetisi tentu ada pihak yang memang dan juga kalah. Apabila memang kalah ajarikan sih anak untuk bisa berlapang dada, dan juga menerima keadaan. Walaupun sih anak gagal berikan saja pujian-pujian, katakana saja bahwasannya dia sudah berusaha sebaik mungkin.

Nah, demikianlah tadi beberapa ulasan tentang pendidikan anak tentang kompetisi. Bersaing sih boleh-boleh saja, akan tetapi jangan sampai ya Anda membuat sih anak membenci dan juga terbebani. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga

Pendidikan Anak Dimulai dari Rumah

Pendidikan Anak Dimulai dari Rumah

Pendidikan Anak Dimulai dari Rumah

freeuber.org – Semua orang pastinya sudah tahu betul bahwasannya pendidikan pertama bagi anak-anaknya berawal atau dimulai dari rumah. Ini artinya Anda adalah guru anak yang sebenarnya. Sebelum memutuskan untuk memasukan anak ke sekolah di sekolah formal, ada baiknya bila Anda sudah membekalinya dengan kemampuan dasar yang nanti akan dibutuhkan di sekolah.

Pendidikan Anak Dimulai dari Rumah

Rosdianak Setyaningrum adalah seorang psikolog anak dan keluarga yang mana ia memberikan contoh berikut, pada saat akan masuk taman kanak-kanak (TK), maka anak harus terlebih dahulu di latih kemandiriannya, supaya nanti setidaknya bisa makan dan juga minum sendiri, atau pun pergi ke kamar kecil tanpa harus menunggu bantuan.

Sebab memang di taman kanak-kanak ini nantinya anak Anda juga akan belajar untuk bisa menulis dan membaca, sehingga sebagai orangtua yang baik bagi anak-anak Anda kelak, Anda harus mempersiapkan motoriknya. Silakan latih sih anak untuk menjemput yang membutuhkan keterampilan ibu jari dan juga telunjuknya, serta melempar bola yang nantinya akan melatih oto bahunya dengan sangat baik.

Lantas, bagaimana dengan pengetahuan dini bagi anak?

Pengetahuan dini bagi anak yang dimaksudkan di sini seperti berhitung, bernyanyi, mengenal abjad, mengenal angka, dan juga membaca. Jika sekadar masuk taman kanak-kanak sepertinya pengetahuan tersebut masih belu perlu ya. Menurut Diana, percuma saja anak hafal sederetan angka dan juga abjad jika dia masih belum mengerti betul fungsi dari sederetan angka dan juga abjad tersebut. Bahkan Anda pun sia-sia ajarkan sih anak untuk membaca jika pada akhirnya sih anak tidak memiliki minat untuk membaca.

Maryani Anita adalah salah satu orangtua yang sekaligus seorang guru di sebuah taman kanak-kanak berbasis Montessori, yang mana di tahun ajaran baru sering sekali menemukan beberapa anak yang masuk taman kanak-kanak dalam keadaan sudah mahir dalam berhitung, kenal warna, atau bahkan mengeja. Memang sih yang demikian ini tidak ada ketentuan bahwasannya anak masuk taman kanak-kanak haruslah sudah bisa ini dan juga itu. Akan tetapi, mungkin dikarenakan orangtua di jaman modern seperti sekarang ini lebih rajin sehingga makin banyak anak-anak yang masuk taman kanak-kanak sudah pandai. Akan tetapi masalahnya, orangtua anak-anak yang pandai tersebut umumnya juga sangat menekan para guru supaya bisa membuat anaknya jadi lebih pandai lagi.

ilmubahasainggris.com Jika tidak, maka para guru bisa saja dianggap telah gagal. Padahal guru taman kanak-kanak ini juga harus ikuti kurikulum dan juga memperhatikan kesetaraan kemampuan dengan anak-anak yang lain. berangkat dari pengalaman ini, bisa ditarik kesimpulan bahwasannya bekal orangtua dari rumah memang sangat penting sekali, akan tetapi jangan sampai berlebihan.

Demikianlah sekilas informasi tentang pendidikan anak dimulai dari rumah yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Anak-Anak Ilmuwan BJ Habibie

Anak-Anak Ilmuwan BJ Habibie

Freeuber.org – Bacharuddin Jusuf Habibie dan Hasri Ainun Habibie yang menikah tepat di tanggal 12 Mei 1962 ini telah dikarunai dua orang putra yang bernama Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie. Tentu siapa yang tidak bangga memiliki seorang ayah seperti sesosok Bacharuddin Jusuf Habibie. Begitu pula dengan kedua anak tercinta dari pasangan BJ Habibie dan Ainun, tentu bangga dengan keterampilan dari kedua orang tua nya dalam membesarkan kedua anaknya dengan penuh kasih saying. Ternyata, kecerdasan serta kejeniusan yang dimiliki oleh BJ Habibie berhasil di turunkan ke salah satu anaknya yaitu Ilham Akbar Habibie. Menjadi penerus dari sang ayah tentu tidaklah mudah apalagi jika hendak menandingi kehebatan sang ayahanda yang memang sudah di kenal oleh masyarakat luas sebagai seorang teknokrat yang super jenius dan pintar nya.

Anak-Anak Ilmuwan BJ Habibie

Kegeniusan yang dimiliki oleh Ilham Akbar ini membuat dirinya di juluki sebagai Habibie Muda. Tentu tidak menjadi hal yang asing mengingat ia nya juga memang anak kandung dari sang cendekiawan legendaris Indonesia tersebut. Anak sulung dari BJ Habibie ini bernama lengkap Ilham Akbar Habibie. Beliau lahir di Aachen, Jerman tepat di tanggal 16 Mei 1963. Menempuh pendidikan hingga bergelar Doktor Ingenieur dari Technical University of Munich, Jerman dan MBA – School of Bussiness dari Universitas Chicago.

Tumbuh besar sejak dalam kandungan hingga mampu menempuh masa pendidikan tingginya di Jerman membuatkan ia menjadi sangat menghormati perjuangan ayahanda nya mengingat berjuang di negeri orang bukanlah suatu keputusan yang mudah untuk di tempuh, apalagi di masa sulit keluarga ayah nya tersebut, beliau tetap bersikeras untuk terus belajar dan menempuh pendidikan di luar negeri dan jauh dari keluarga. Dengan menjalani kehidupan selama bertahun-tahun di Jerman membuat Ilham Akbar menjadi lebih familiar dengan Jerman.

Tentu, ketika membaca Sejarah BJ Habibie dalam Bahasa Indonesia, tidak terlepas dari kisah anak-anaknya. Adapun anak kedua dari pasangan BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie adalah Thareq Kemal Habibie. Anak keduanya pun turut mewarisi kegeniusan dan kecerdasan yang dimiliki oleh kedua orang tua nya yang tidak lain dan tidak bukan adalah BJ Habibie dan Ainun Besari. Dengan dikaruniai kecerdasan yang luar biasa tentu membuat kedua anak BJ Habibie ini menjadi seseorang yang berhasil dengan karirnya. Dengan kesederhanaan yang di terapkan oleh kedua orang tua nya membentuk jiwa kedua anaknya menjadi anak yang penuh dengan kesederhanaan. Namun, hidup yang sederhana lantas tidak membuat mereka menjadi seseorang yang jatuh dalam hal prestasi. Malah mampu di katakana itulah yang membuat mereka lebih bersemangat untuk meraih cita-cita nya yang tinggi. Dengan dukungan dari kedua orang tua nya yang memang sangat peduli dan mementingkan prestasi dalam pendidikan, membuat anak-anaknya terinspirasi untuk meneruskan perjuangan kedua orang tua nya.

Baca Juga:

Benarkah Homeschool Lebih Baik dari Sekolah Biasa?
Beberapa Keuntungan Anak Mengembangkan Bakat Seninya
Berbagai Masalah Pendidikan di Indonesia
Cara Belajar Efektif, Efisien, dan Menyenangkan