Pengertian Siswa

Pengertian Siswa

freeuber.org – Siswa ialah seorang pelajar atau murid yang sedang duduk dibangku Sekolah Dasar atau SD, Sekolah Menengah Pertama atau SMP dan Sekolah Menengah Atas atau SMA. Seorang siswa dan siswi yang belajar agar bisa mendapatkan ilmu pengetahuan agar dapat mencapai cita-cita dan impiannya. Seorang siswa ialah seorang anak yang sedang menempuh pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas itulah yang disebut dengan siswa dan siswi.

Pengertian Siswa

Pengertian Siswa Menurut Para Ahli

– Kompas (1985)

Siswa merupakan seorang pelajar yang duduk dimeja belajar dengan setrata sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas. Siswa dan siswi tersebut belajar supaya bisa mendapatkan ilmu pengetahuan sehingga bisa mencapai pemahaman ilmu yang sudah didapatkan didunia pendidikan. Siswa ataupun peserta didik adalah mereka yang secara khusus diserahkan oleh kedua orang tua mereka untuk dapat mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan disekolah dan dengan tujuan agar dapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, memiliki ketrampilan, mempunyai pengalaman, memiliki kepribadian serta berakhlak mulia dan mandiriĀ profillengkap.com

– Jawa Pos (1949)

Siswa ialah organism yang unik yang berkembang sesuai dengan tahap-tahap perkembangannya. Perkembangan anak merupakan perkembangan seluruh aspek dari kepribadiannya. Namun dengan tempo dan irama dari perkembangan masing-masing anak kepada setiap aspek tidak selalu sama. Hal yang sama ialah siswa juga bisa dikatakan sebagai kelompok orang dengan usia tertentu yang belajar dengan baik secara kelompok ataupun perorangan. Siswa juga bisa disebut sebagai pelajar, ketika berbicara siswa tentu fikiran kita akan tertuju pada lingkungan sekolah, baik sekolah dasar ataupun menengah.

– Wikipedia

Siswa merupakan sekelompok anggota masyarakat yang berusaha meningkatkan potensi yang ada dari diri mereka melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan. Baik dengan melalui pendidikan formal ataupun nonformal, kepada jenjang pendidikan dan juga jenis pendidikan tertentu.

– Kompas Gramedia (2005)

Siswa merupakan komponen masukan didalam system pendidikan, yang kemudian diproses di dalam proses pendidikan, sehingga menjadikan manusia yang berkualitas yang sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional.

– Maslow

Merupakan adanya kebutuhan biologi, rasa aman, kasih sayang, harga diri, dan realisasi. Sedangkan menurut para ahli psikologi kognitif memahami bahwa anak didik atau murid merupakan sebagai seorang manusia yang mendayungkan ranah kognitifnya semenjak berfungsinya kapasitas motor dan juga sensorinya, piget (2003).

Baca Juga :